Ikuti kami
Background Image

Ruang Riung Kuningan

Ruang Riung Kuningan

Ruang Riung adalah sebuah wadah yang nantinya akan mengangkat kearifan lokal Kuningan, baik dari segi kreatif seni, kuliner, tradisi, literasi, maupun visual. Salah satu visinya adalah untuk lebih memajukan Kuningan khususnya serta pelaku seni di jalur indie, serta mengangkat potensi-potensi yang ada di Kuningan.

 

Ruang Riung dibentuk sekitar bulan September 2017, dengan pertunjukan pertamanya yang digelar di salah satu bumi perkemahan di Kuningan yaitu Bumi Perkemahan Ipukan yang mengangkat tema Musikalisasi Ceremai.

 

Awal terbentuknya Ruang Riung adalah dari hasil ririungan kawan-kawan ketika menyadari Kuningan terasa monoton, lalu tercetuslah satu ide untuk mengadakan satu acara. Kebetulan teman musisi dari Kota Bandung ingin mengadakan konser kecil untuk mengenalkan album barunya. Dan Mang Opick salah satu pelopor mendukung penuh acara Ruang Riung tersebut.

 

Nama ruangriung sendiri memiliki arti sebagai berikut, “Ruang” menurut KBBI adalah sebuah wadah atau tempat, sedangkan “Riung” diambil dari bahasa sunda yang berarti Kumpul/ Sekumpulan. Yang dimana maknanya adalah sebuah wadah/ tempat berkumpul. Sedangkan “Ruang Riung” menurut bahasa sunda berarti kumpul bersama.

 

 

Nama Ruang Riung tercetus dari salah satu pelopor Ruang Riung yang sebetulnya nama tersebut ingin ia gunakan untuk nama Coffe Shopnya. Influence dari Ruang Riung sendiri terinspirasi dari Ruang Putih di Bandung.

 

Ruang Putih adalah salah satu komunitas yang memiliki kebiasaan untuk saling sharing, para membernya dari beragam kota dan dengan ideologi yang berbeda-beda. Hasil dari obrolan dan sharing tersebut biasanya terbentuk satu ide untuk kegiatan/acara.

 

Dibentuknya Ruang Riung adalah untuk menggerakan kembali beberapa komunitas seni yang sudah lama vacuum. Disamping itu Ruang Riung diperuntukan sebagai wadah bagi para pemuda-pemuda yang memiliki potensi di dalam dunia seni, seperti musik, artwork, kerajinan, literasi, dsb. Pada intinya para pemuda yang ingin berkembang dan maju.

 

Beberapa pelopor Ruang Riung ini diantaranya yaitu Opick, Anto Riswanto, Aldi Nurmuhaimin, Deri Karuhun, Anto toke, Ellsa dan Jawil. Dibentuknya Ruang Riung pada dasarnya berangkat dari visi dan misi yang sama yaitu untuk mewadahi dan ingin membangkitkan semangat teman-teman untuk terus berkarya.

 

 

 

Terlepas dari para pelopornya yang memang sudah memiliki kualitas dalam berkarya, Ruang Riung mewadahi teman-teman yang ingin berkembang, dan tidak ada senior junior semua sama.

 

Tempat berdiskusi ataupun event-event yang coba ditampilkan Ruang Riung ini sendiri tidak terikat hanya satu tempat melainkan ke beberapa tempat.

 

Meski masih baru Ruang Riung ini sudah mengagendakan beberapa event yang akan digelar, beberapa diantaranya yaitu pertunjukan musik, festival taman baca, festival kopi, dsb.

 

Fokus dari ruang riung sendiri adalah keintiman dalam berdiskusi,  bermusik ataupun berdialog. Terlepas ramai tidaknya penonton ketika event tersebut digelar tidak jadi soal.

 

Disamping itu Ruang Riung tidak mengarah pada income atau money oriented, melainkan rasa ikhlas saling membantu dalam berkarya.

 

 

Comments

No Comments

Post a Comment