Ikuti kami
Background Image
Desa Kertayuga Kecamatan Nusaherang Kabupaten Kuningan
Senin - Minggu : 08:00 - 17:00 WIB
Specification
Outbond Camping

Situ Wulukut atau dikenal juga sebagai Walukut adalah salah satu destinasi wisata di Kabupten Kuningan yang menawarkan keindahan pemandangan yang alami dan asri.

Situ Wulukut sendiri merupakan suatu situ atau danau buatan yang dibangun pada pemerintahan H. Aang Hamid S pada tahun 2005.

Sebelum menjadi satu destinasi wisata di Kuningan, Situ Wulukut ini dibuat dengan tujuan menyimpan ketersediaan air di Kabupaten Kuningan.

Meski saat ini beberapa fasiltas/wahana di Situ Wulukut ini masih dalam tahap pengembangan, namun animo masyarakat sekitar yang berkunjung ke tempat wisata ini cukup besar. Media sosial merupakan salah satu faktor tempat wisata ini cepat sekali menyebar dan berdampak pada tingkat kunjungan yang cukup tinggi.

( Baca Juga : Balong Keramat DarmalokaBumi Perkemahan PalutunganBumi Perkemahan Tenjo Laut )

Situ Wulukut terletak di Desa Kertayuga Kec. Nusaherang Kab. Kuningan – Jawa Barat. Karena letaknya tidak jauh dari pusat kota yang hanya berjarak dengan waktu tempuh 25 menit, sehingga untuk sampai ke lokasi Situ Wulukut ini cukup mudah.

Meskipun jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota, namun tempat wisata ini cukup terpencil, dimana Letak dari rumah penduduk menuju tempta wisata ini berjarak sekitar 2km.

Letaknya yang berada di dalam hutan sehingga daya tarik utama dari Situ Wulukut ini cenderung menyuguhkan aneka daya tarik alami. Mulai dari nuasa asri hutan pinus, situ yang tenang, perbukitan yang tinggi menjulang serta pematang sawah yang cukup indah.

Walaupun saat ini masih dalam tahap pengembangan, beberapa daya tarik yang akan dikembangkan dari Situ Wulukut ini adalah Perahu Selfie, Jembatan Selfie, Kantin, Flyng Fox, Sepeda Air, Camping Ground. Dsb.

Selain itu bukit disekitar area Situ Wulukut ini akan dibenahi dan dipersiapkan sebagai spot baru untuk camping ground. Dan tepat di spot tersebut akan terlihat sunrise ketika pagi hari. Untuk Camping Ground akan dipisahkan 2 kategori, yaitu untuk umum dan untuk siswa-siwi sekolah. Kapasitas daya tampung camping ground di Situ Wulukut ini dapat menampung sekitar untuk 500 orang.

Beberapa fasilitas yang penunjang kenyamanan pengunjung antara lain Toilet, Mushola, Gazebo serta Area Parkir.

Banyaknya pengunjung ke Situ Wulukut ini karena memang situ ini dikenal juga sebagai Ranu Kumbolo-nya Kuningan. Seperti diketahui Ranu Kumbolo merupakan salah satu area yang menjadi daya tarik lain dari Gunung Bromo Tengger di Jawa Timur. Lokasinya berada di jalur pendakian menuju gunung tersebut. Karena kemiripan itu lah Situ Wulukut dengan cepat dikenal oleh para wisatawan lokal hingga luar kota.

Untuk sementara harga tiket yang dikenakan sebesar Rp. 5.000. Tempat wiasta ini buka mulai pukul 8 – 5 sore untuk kunjungan umum ke Situ Wulukut, sedangkan untuk camping buka 24 jam.

Bagi para pengunjung yang ingin merasakan sensasi situ alami dengan view pemandangan yang sangat indah, berkunjung ke Situ Wulukut yang berada di Desa Kertayuga pillihan yang sangat tepat. Selamat berkunjung!!

Mau menjelajah lebih dalam tentang tempat ini? Silakan klik Photo untuk menikmati pengalaman menjelajah secara virtual hanya dikuningan.com !!

Ingin tempat bisnis Anda memiliki fitur Virtual 360 untuk memberikan sensasi pengalaman yang mengagumkan kepada para pengunjung?

Silakan hubungi kami. Klik disini !!

Comments

Amenities
Mushola Toilet Gazebo Area Parkir

Price:

Harga Tiket Masuk : Rp. 5.000
No Reviews

Post a Comment

Write a Review

Desa Kertayuga Kecamatan Nusaherang Kabupaten Kuningan

Get Directions