Ikuti kami
Background Image

Hutan Kota Bungkirit

Desa Cigugur, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Cigugur
Senin - Minggu : 08:00 - 17:00 WIB
Specification
Playground Pra-wedding Kantin Taman

Hutan Kota Bungkirit merupakan salah satu dari hutan kota yang berada di daerah Kabupaten Kuningan. Area Hutan Kota Bungkirit memiliki luas 1 ½ ha.

Saat ini Hutan Kota Bungkirit dibangun untuk pariwisata ruang terbuka umum. Penataan berbagai fasilitas hutan kota ini mulai ditata rapi pada Oktober 2010 sampai dengan tahun 2014, kemudian dibuka untuk umum pada tanggal 28 Oktober 2010.

Hutan Kota Bungkirit menjadi tempat warga untuk beragam kegiatan seperti, nongkrong, berkumpul ataupun berolahraga. Pihak pengelola mengharapkan dengan adanya Hutan Kota Bungkirit di kota Kuningan ini agar keselarasan antara manusia dengan alam lebih harmonis.

Sebelum dibangun menjadi kawasan hutan kota, di area hutan ini dulunya terdapat Gedung Pramuka yang berdiri sejak tahun 1980.

Status tanah ini sendiri awalnya berupa tanah bengkok Desa Purawinangun yang merupakan aset tanah negara. Hutan kota ini ditata rapi dengan sedemikian rupa dengan dibangunnya beberapa fasilitas dan wahana seperti, penataan taman, sarana bermain anak atau play ground, gazebo, toliet, mushola dan beberapa fasilitas lainnya.

( Baca juga : Hutan Kota MayasihTaman CisantanaTaman Purbakala Cipari )

Untuk berkunjung ke area Hutan Kota Bungkirit ini pengunjung tidak dikenakan biaya, namun bagi para pengunjung yang membawa kendaraan biaya yang dikenakan hanya tarif parkirnya saja. Area hutan terbuka hijau ini mulai buka pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore.

Di hutan kota ini para pengunjung bisa menikmati beragam suguhan, selain taman dan play ground, para pengunjungpun dapat menikmati panorama alam yang indah dari jembatan panjang yang terdapat di area Hutan Kota Bungkirit ini seperti panorama bentangan sawah, kebun dan perbukitan.

Terdapat beberapa mitos serta cerita mistis yang berkembang salah satunya adalah cerita tentang terdapatnya ular gaib. Ular gaib tersebut memiliki bentuk yang tidak biasa. Menurut cerita ular gaib tersebut memiliki bentuk seperti seekor naga dan memiliki cincin berwarna merah yang melingkar di lehernya.

Beragam pohon serta tumbuhan tumbuh subur di area hutan ini. Terdapat salah satu pohon yang cukup langka yaitu pohon Nam-nam atau masyarakat sekitar sering menyebutnya dengan pohon Kopi Anjing.

Berkunjung ke Hutan Kota Bungkirit tentunya sangat recomended bagi para pengunjung yang ingin merasakan rileksasi dari suguhan hutan alami nan asri dan tentunya bisa menjadi destinasi untuk refreshing dari rutinitas sehari-hari. Selamat berkunjung !!

Mau menjelajah lebih dalam tentang tempat ini? Silakan klik Photo untuk menikmati pengalaman menjelajah secara virtual hanya dikuningan.com !!

Hutan Kota Bungkirit

Ingin tempat bisnis Anda memiliki fitur Virtual 360 untuk memberikan sensasi pengalaman yang mengagumkan kepada para pengunjung?

Silakan hubungi kami. Klik disini !!

Comments

Amenities
Mushola Toilet Gazebo Area Parkir
1 Review

Post a Comment

Write a Review

Desa Cigugur, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Cigugur

Get Directions