Ikuti kami
Background Image
Desa Bagawat, RT 07 RW 04, Dusun Babakan, Kecamatan Salajambe, Kabupaten Kuningan
Senin - Minggu : 08:00 - 17:00 WIB
Specification
Air Terjun

Curug Ngelay adalah salah satu destinasi wisata yang cukup tersembunyi di Kabupaten Kota Kuningan. Curug ini sendiri tepatnya berada di Desa Bagawat, Kecamatan Salajambe, Kabupaten Kuningan. Menurut pengelola sekitar, Curug Ngelay mulai dibuka sebagai destinasi wisata mulai 1 Mei 2016.

Berkaitan dengan nama curug ini, bagi sebagian orang khususnya masyarakat sunda Kata “Ngelay” tentu cukup familiar dan tak asing lagi. Ngelay dalam bahasa Indonesia memiliki arti “Ngiler” atau air liur yang sedikit menetes. Dinamakan Ngelay memang aliran airnya kecil dan tidak terlalu deras seperti air terjun atau curug pada umumnya.

( Baca juga : Curug LandungLembah CilengkrangCurug Sidomba )

Meski aliran airnya tidak terlalu deras namun daya tarik yang dimiliki Curug Ngelay ini justru dari pemandangan airnya yang melewati celah-celah tebing batu yang terlihat sangat menawan. Tebing batu memiliki bentuk yang cembung sehingga air tidak lagsung terjun namun mengalir terlebih dahulu di badan tebing.

Karena keunikan yang dimiliki Curug Ngelay ini sehingga tak sedikit yang mencari angle terbaik untuk di foto. Tak jarang beberapa wisatawan mencari angle dengan menaiki tebing yang memiliki ketinggian 3 meter hanya untuk mendapatkan hasil terbaik dari foto Curug Ngelay ini.

Curug Ngelay sendiri memiliki ketinggian kurang lebih 100 meter dengan lebar sekitar 50 meter. Curug ini selain memiliki pesonanya yang memiliki karakteristik yang cukup unik, Curug Ngelay memiliki air yang cukup jernih dan bersih. Sehingga hampir setiap pengunjung memanfaatkannya dengan mandi ataupun berendam di area kolam alami Curug Ngelay tesrsebut.

Letak Curug Ngelay cukup jauh yaitu sekitar 500 meter dari pos tiket sehingga para pengunjung harus terlebih dahulu melewati area pesawahan dan perkebunan.

Karena aksesnya masih belum memiliki track khusus sehingga disarankan bagi para pengunjung untuk menggunakan sandal ataupun sepatu outdoor. Tentu hal tersebut agar perjalanan menuju lokasi Curug Ngelay lebih aman karena track cukup beragam, mulai dari jembatan bambu, tanah lembab hingga bebatuan yang cukup terjal, terlebih ketika musim hujan.

Untuk sampai ke lokasi sebaiknya meminta guide karena disamping lokasinya jauh dan track yang kurang baik, penunjuk jalanpun masih jarang dijumpai.

Namun beberapa rintangan kecil tersebut tentu akan terbayarkan ketika para pengunjung sampai ke lokasi utama Curug Ngelay. Pemandangan alami curug nan unik dengan airnya yang jernih serta nuansa hutan yang masih asri tentu bisa menyegarkan pikiran dan mencipatakan rileksasi sejenak.

Disamping suguhan alami yang dimiliki Curug Ngelay ini, beberapa fasilitas yang bisa menunjang kenyamanan para pengujung cukup banyak mulai dari warung, gazebo sebagai tempat berisirahat dan berteduh, mushola, toilet, area parkir, dll.

Harga tiket masuk Curug Ngelay yaitu Rp. 3.000, sedangkan untuk parkir dikenakan tarif Rp. 2.000.

Tempat wisata di Kuningan ini buka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore.

Jarak dari pusat Kota Kuningan sendiri cukup jauh, dimana waktu yang ditempuh kurang lebih 2 jam dengan jarak tempuh sekitar 30 km, dengan rute Kota Kuningan, Cipasung, Sukarasa, Wedangtemu, Cimenga, Padahurip, Cantilan, Selajambe, Ciberung, dan terakhir desa Bagawat.

Bagi para pengunjung yang ingin menikmati pesona alam ujung Kuningan yang menawan silakan kunjungi Curug Ngelay, curug dengan pesona aliran air dan tebing batu yang unik dan berkarakteristik.

Mau menjelajah lebih dalam tentang tempat ini? Silakan klik Photo untuk menikmati pengalaman menjelajah secara virtual hanya dikuningan.com !!

Curug Ngelay

Ingin tempat bisnis Anda memiliki fitur Virtual 360 untuk memberikan sensasi pengalaman yang mengagumkan kepada para pengunjung?

Silakan hubungi kami. Klik disini !!

Comments

Amenities
Mushola Toilet Ruang Bilas Gazebo Area Parkir

Price:

Harga Tiket Masuk Curug Ngelay : Rp. 3.000
No Reviews

Post a Comment

Write a Review

Desa Bagawat, RT 07 RW 04, Dusun Babakan, Kecamatan Salajambe, Kabupaten Kuningan

Get Directions