Ikuti kami
Background Image

Bumi Perkemahan Palutungan

Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan
Call us anytime -
Senin - Minggu : 08:00 - 17:00 WIB
Specification
Outbond Camping Pra-wedding Air Terjun Souvenir Kantin Hiking

Wisata alam Palutungan yang terletak di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan ini adalah satu area perkemahan yang mulai dibuka oleh TNGC (Taman Nasional Gunung Ciremai) pada bulan Oktober tahun 2008, dengan luas area lahan sekitar 11,8ha. Tempat wisata ini berada 1.100 MDPL (Meter Diatas Permukaan Laut).

Bumi Perkemahan Palutungan sendiri merupakan satu dari tiga jalur pendakian menuju puncak Gunung Ciremai.

Karena Bumi Perkemahan Palutungan ini termasuk kategori wisata alam sehingga daya tarik dari wisata ini adalah sensasi alami serta panorama hutannya yang sangat asri. Tempat wisata alam ini-pun cukup sejuk karena memiliki suhu antara (20-24° C).

Untuk pengunjung yang ingin berkemah di tempat wisata ini, pihak pengelola memfasilitasi berbagai perlengkapan camping seperti, Tenda, Matras, Tikar, Sleeping bed, Fasilitas penggunaan listrik, Penyediaan kayu bakar, Snack, dsb.

Untuk penyewaan barang-barang maupun fasilitas tergantung keinginan pengunjung, maka dari itu pengunjung harus koordinasi terlebih dahulu kepada pihak pengelola, selanjutnya pihak pengelolalah yang akan mengurus dan menyediakan sarana maupun prasarana serta berbagai fasilitas lainnya.

Daya tarik lain yang dimiliki Wisata Bumi Perkemahan Palutungan ini adalah terdapatnya Curug atau Air Terjun yang cukup indah, yaitu Curug Putri yang terletak 200m dari pos.

Sejarah dibalik wisata Bumi Perkemahan Palutungan ini pada zaman dulu, kolonial Belanda datang ke Indonesia bertujuan untuk mencari rempah-rempah dalam perdagangannya, negeri Indonesia yang terkenal subur dengan kultur tanah yang cocok untuk bercocok tanam. Bukti peninggalan Belanda di Palutungan adalah adanya bekas pabrik teh di kawasan Erpah Palutungan.

Menurut cerita, tuan-tuan Belanda pada masa itu untuk mendapatkan putri yang cantik, maka putrinya harus dimandikan di air terjun/curug, curug inilah yang sering dipakai untuk mandi putri-putri Belanda semasa imperialismenya, sehingga curug ini dinamakan Curug Putri, serta dalam kenyataannya curug ini terlihat seperti putri.

Curug Putri memiliki ketinggian mencapai 20m. Airnya sendiri bersumber langsung dari mata air Gunung Ciremai.

Selain mengunjungi Curug Putri untuk berekreasi, biasanya Curug Putri dikunjungi oleh para pengunjung untuk mencari keberkahan, seperti untuk mencari jodoh, untuk mendapatkan pekerjaan dan lain sebagainya. Selain itu air di curug ini biasa digunakan pula untuk bersuci diri ketika bulan ramadhan tiba.

(Baca jugaBumi Perkemahan Tenjo LautBumi Perkemahan IpukanTaman Cisantana)

Fasilitas yang terdapat di tempat wisata alam ini cukup lengkap, beberapa diantaranya yaitu, mushola, toilet, warung, gazebo dan beberapa fasilitas lainnya.

Selain kegiatan camping yang memang menjadi kegiatan utama di tempat wisata ini, kegiatan lainnya yang mungkin biasa dilakukan adalah Fun Games, Gathering, Outbond, Foto Prawedding, serta menikmati salah satu wahana games yang cukup menguji adrenalin yaitu Flying Fox.

Untuk beragam acara seperti Family Gathering, Arisan dan beberapa kegiatan lainnya, pihak pengelola menawarkan jasa catering dengan isi makanan sesuai permintaan para peserta.

Tempat wisata ini semakin ramai dikunjungi ketika weekend, tahun baru, serta hari-hari libur nasional seperti tanggal merah ataupun hari raya. Menurut pengelola jumlah pengunjung setiap bulannya mencapai 5.000 s/d 8.000 pengunjung.

Tempat wisata alam ini buka setiap hari mulai pukul 08:00 – 17:00.  Harga tiket masuknyapun relatif terjangkau, berkut ini merupakan rincian harga tiket masuk dan harga beberapa aktifitas lainnya:

Harga Tiket

  • Harga tiket masuk : Rp. 13.000,-/orang  (+ asuransi)
  • Harga tiket wahana Flying Fox : Rp. 20.000,-/orang
  • Harga tiket Outbond/Fun Games : Rp. 10.000,-/orang (satu kali permainan)
  • Harga tiket paket Prawedding : Rp. 250.000,-/kapasitas max 10 orang
  • Harga tiket Camping : Rp. 13.000,-/satu malam (tanpa fasilitas pelayanan).
  • Harga tiket Camping + pelayanan  : Rp. 50.000,/satu malam
  • Harga Tiket masuk kawasan kendaraan roda dua : Rp. 5.000,-/ satu unit
  • Harga Tiket masuk kawasan kendaraan roda empat : Rp. 10.000,-/satu unit

Untuk sampai ke tempat wisata ini tidaklah terlalu sulit, karena jarak dari Kota Kuningan hanya sejauh 9km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Dengan beragam daya tarik dari Bumi Perkemahan Palutungan ini tentunya tempat wisata alam ini sangat cocok untuk dikunjungi bukan hanya untuk kegiatan camping saja namun untuk mencari ketenangan dengan rileksasi di alam sekitar.

Mau menjelajah lebih dalam tentang tempat ini? Silakan klik Photo untuk menikmati pengalaman menjelajah secara virtual hanya dikuningan.com !!

Buper Palutungan Curug Putri

Ingin tempat bisnis Anda memiliki fitur Virtual 360 untuk memberikan sensasi pengalaman yang mengagumkan kepada para pengunjung?

Silakan hubungi kami. Klik disini !!

Comments

Amenities
Mushola Toilet Pusat Informasi Gazebo Area Parkir

Price:

Harga Tiket Masuk : Rp. 13.000
No Reviews

Post a Comment

Write a Review

Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan

Get Directions