Ikuti kami
Background Image

Aneka makanan khas kota Kuningan

Makanan khas kota kuningan

Kuningan merupakan suatu kabupaten kota yang memang sudah dikenal dari sektor wisatanya. Disamping Kuningan dikenal dari wisatanya yang cukup beragam mulai dari wisata alam dan wisata sejarah, kota ini dikenal juga dari aneka panganannya yang cukup banyak dan unik. Penasaran apa saja aneka panganan tersebut berikut beberapa kuliner yang menjadi ciri khas kota kuda ini :

 

1. Hucap

Hucap adalah makanan khas kota Kuningan yang penyajiannya sama seperti ketoprak. Karena memang bahan dasar dan bumbunya seperti ketoprak cuman dari bahan hucap tidak sebanyak ketoprak.

Bahan-bahan hucap terdiri dari tahu goreng, ketupat, bumbu kacang dan kecap.  Hucap sendiri merupakan singkatan dari Tahu dan Kecap. Dibeberapa daerah Kuningan nama hucap ini disebut juga Kupat Tahu.

 

2. Nasi Kasreng

Di beberapa daerah Kuningan kuliner yang satu ini cukup dikenal dan banyak diminati khususnya di daerah Luragung. Karena disamping kuliner ini cukup nikmat, harga yang ditawarkanpun cukup murah.

Penyajian nasi kasreng biasanya dibungkus seperti Sego Kucing makanan khas Yogyakarta. Beberapa lauk yang biasa tersaji pada nasi kasreng ini diantaranya adalah goreng ikan paray, pepes ikan paray, aneka lalapan, toge, sambal, gorengan, rebon dan lain sebagainya.

 

3. Sop Buntut Bakar

Hmm… salah satu kuliner yang satu ini mungkin bisa bikin kamu keroncongan nih guys. Khususnya bagi penikmat kuah hangat. sop buntut bakar biasa disajikan dengan kuah kaldu yang gurih. Sebelum tersaji menjadi kuah sop, buntut atau ekor sapi ini diolesi terlebih dahulu dengan mentega lalu di panggang hingga kecoklatan.

Menu satu ini bisa kalian jumpai di beberapa warung lesehan di kota Kuningan khususnya Desa Manis Kidul Kecamatan Jalaksana.

 

4. Ketempling

Ketempling merupakan kuliner camilan khas Kuningan yang terbuat dari singkong. Penampilannya sendiri seperti gemblong sedikit bulat dan kembung. Camilan ini biasa dijadikan pelengkap makan bakso, soto ataupun mie.

 

5. Tahu Lamping/Tahu Kopeci

Tahu yang gurih dan lezatnya mengalahkan tahu sumedang ini adalah tahu khas asli kota Kuningan. Dinamkan tahu lamping karena konon terciptanya tahu lamping ini dibuat di “Lamping” atau dalam Bahasa Indonesia “Pinggir” Gunung Ciremai. Tekstur dari tahu ini sangat halus dan padat.

 

6. Kwecang

Camilan yang memang sepintas seperti Bakcang ini merupakan camilan yang biasa nemenin ngopi ataupun ngeteh. Karena memang teksturnya lembut seperti bakcang.

Kwecang terbuat dari beras ketan yang dipadatkan, lalu di campur dengan air apu, dan dibungkus dengan daun bambu. Biasanya kwecang memikat para penikmatnya dengan aromanya yang khas guys.

 

7. Rujak Kangkung

Hmm.. mungkin kedengerannya kayak aneh ya? Rujak Kangkung. Tapi memang kuliner ini berbahan dasar kangkung dan bumbu rujak. Seperti bumbu rujak pada umumnya, bumbu ini terdiri dari terasi, gula merah, tomat merah, cabe rawit dan asam jawa.

Meski terdengar aneh tapi jangan salah, rasa dari kuliner ini cukup buat lidahmu bergoyang loh. Disampiing pedas tekstur kangkungnya yang lembut bisa bikin ketagihan.

 

8. Papais

Panganan yang satu ini biasa dijumpai di berbagai acara sperti pernikahan, selamatan, tahlilan dan lain sebagainya. Papais terbuat dari beras ketan atau ketela pohon yang dibungkus dengan daun pisang.

Beberapa jenis papais yang cukup popular di kota ini adalah Papais Monyong yang berbentuk kerucut yang berisi enten kacang hijau, Papais Bugis yang berisi parutan kelapa dan gula aren, Papais Koci yang berwarna hijau. Nah klo yang terbuat dari ketela pohon biasanya diberi isian buah pisang.

 

9. Kue Satu

Kue satu biasanya disajikan untuk hari-hari besar seperti hari raya. Kue satu terbuat dari kacang hijau yang dihaluskan lalu disangrai dan dicampurkan dengan gula halus kemudian dicetak dengan beragam bentuk yang unik.

 

10. Keripik gadung

Sesuai namanya keripik ini terbuat dari Umbi Gadung yang memilik nama latin Discorea Hispida. Camilan ini dijadikan makan khas Kuningan karena memang tanaman gadung ini tumbuh subur di perkebunanan di beberapa daerah Kuningan.

Pengolahannya sendiri gak mudah loh guys, karena salah pengolahan bisa berdampak keracunan. Untuk menghilangkan racun dari umbi gadung ini terlebih dahulu gadung dibersihkan setelah dibersihkan diiiris tipis lalu dijemur.

Setelah penjemuran keripik gadung yang masih mentah ini dibersihkan dan di jemur lagi, tahap terakhir baru digoreng. Panganan ini cocok buat nemenin kamu ngeteh karena rasanya yang gurih dan krispi. Tapi jangan terlalu banyak yah biar gak pusing.

 

11. Peuyeum ketan

Satu lagi nih guys.. panganan asli khas Kuniingan yaitu Peueyeum Ketan yang berwaran hijau dengan bungkus daun jambu. Panganan yang satu ini mungkin yang paling popular dan biasanya dijadikan oleh-oleh wajib para turis luar kota ketika beranjak pulang ke daerahnya masing-masing.

Peuyeum ketan sendiri terbuat dari beras ketan putih bisa juga beras ketan merah yang di fermentasikan dengan ragi lalu dibalut atau dibungkus dengan daun jambu.

Itulah beberapa makanan atau panganan khas kota Kuningan. Jadi kalo kalian mampir ke kota ini jangan lupa cicipin satu persatu ya biar gak penasaran.

Comments

No Comments

Post a Comment